SOROT 225

Terjerat Buaian Narkoba

Raffi Ahmad, presenter TV
Sumber :
  • VIVAlife

VIVAnews - Raut wajah pria ini linglung. Berkepala pelontos. Dia terus bergumam. Dan bergumam, sebelum menjawab pertanyaan wartawan yang datang beruntun. Terlihat gugup. Lalu dia meminta maaf. Kepada seluruh rakyat Indonesia. Sesudah itu dia digeret masuk.

Dini hari Minggu, 27 Februari 2011 itu, tidak akan pernah pergi dari ingatan Yoyo. Penabuh dram grup Band Padi, yang kondang di jagat musik Indonesia, dibekuk polisi. Karena kasus narkoba. Ditangkap dari Apartemen Sudirman Park di Jakarta Pusat.
 
Dia tak bisa berkutik. Barang bukti ini terlalu kuat. Setengah gram shabu. Sebuah alat penghisap. Boong. Dari panggung penuh sanjung, hidupnya terpuruk ke kamar penjara penuh hujatan. Beruntung dia masuk rehabilitasi di Megamendung.  

Kini dia sudah bebas. Mantan suami penyanyi bersuara merdu, Rossa, itu berusaha menata nasib. Kembali ke panggung bersama Padi. Dan dua tahun lalu itu adalah hari terkelam dalam hidupnya.
 
Suhendro Prasetyo, begitu nama lengkap Yoyo,  sesungguhnya sudah terjerat dunia kelam itu semenjak satu dasawarsa yang lalu. Semula dia memakai putaw. Berpindah ke heroin. Lalu tamat di jenis shabu.

Dia mengaku tenggelam dalam barang jahanam itu lantaran tak tahu. Tak tahu bahaya narkoba. Tak tahu bahaya kecanduan. “Waktu itu saya pakai putauw. Kalau tiga hari berturut-turut pakai itu, kita sudah jadi ‘vampir’,” kenang Yoyo kepada VIVAnews.com, Kamis 31 Januari 2013.  Ketidaktahuan itu, lanjutnya, “Menjadikan saya pecandu.”

Bertahun-tahun memakai barang haram itu, bahaya sudah datang berkali-kali. Memakai narkoba, katanya, tidak seperti yang diduga sejumlah orang. Bisa mengenjot stamina.  Dia justru tampil lebih memukau ketika sedang tidak memakai narkoba.

Dulu, kisahnya, dia tak kuat minum alkohol. Pernah minum sampai gitting. Saat manggung semua berantakan. Pada waktu sadar saja, bermain drum itu sering salah. “Apalagi saat tidak sadar,” katanya.
 
Tapi Yoyo sesungguhnya sadar bahwa barang haram itu tidak saja membunuh karir, tapi juga hidupnya. Itu sebabnya berkali-kali dia berusaha berhenti. Tapi selalu kalah. Narkoba selalu menang.

Yoyo baru menang setelah ditangkap itu, dan menjalani rehabilitasi. Enam bulan di sana. Selama enam bulan direhabilitasi itu, katanya, “Menguatkan diri saya.” Kisah tentang Yoyo sampai di sini.

Dan mari melihat Raffi Ahmad. Presenter kondang dan laris manis di sejumlah stasiun televisi. Ditangkap petugas Badan Narkotika Nasional, Minggu 27 Januari 2013.  Aktor berusia 26 tahun itu ditetapkan sebagai tersangka setelah diketahui positif mengkonsumsi methylon.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Menjadi tersangka, dia dijerat dengan pasal berlapis. Raffi terancam masuk penjara.

Dunia hiburan sepertinya begitu dekat dengan narkoba. Selain Yoyo dan Raffi, cukup banyak pesohor kita yang terseret barang celaka itu. Mereka antara lain  Sheila Marcia, Jennifer Dunn,  Sammy Simorangkir,  Revaldo, dan Ade Ivay. 

Narkoba pun tak hanya menjerat artis-artis muda, tapi membius para pesohor senior yang telah berpuluh tahun sukses mengatur karir di jagat hiburan.  Tengok saja nama-nama artis lawas seperti Alba Fuad, Roy Marten, Iyut Bing Slamet, hingga pedangdut Imam S. Arifin yang pernah ditangkap atas kasus kepemilikan narkoba.

Namun, dari beberapa nama artis tersebut, barangkali nasib paling tragis dialami pesinetron Revaldo.  Aktor yang namanya mencuat setelah membintangi sinetron Ada Apa Dengan Cinta tersebut dua kali ditangkap polisi terkait kasus narkoba. 

Pada 10 April 2006, Revaldo ditangkap polisi setelah kedapatan menyimpan shabu seberat 1 gram di saku celananya, 1 linting ganja, dan 5 butir ekstasi di kontrakannya di kawasan Jati Padang baru Blok B No 1 Pasar Minggu. Saat itu, ia dihukum dua tahun penjara.

Lalu Selasa sore, 20 Juli 2010, pemilik nama asli Fifaldi Surya Permana ini kembali ditangkap polisi karena kedapatan membawa shabu-shabu seberat 62 gram.  Dia  dibekuk di kawasan Jakarta Barat.

Kali ini, aktor kelahiran 18 Juni 1982 tersebut, divonis tujuh tahun penjara. Majelis hakim menilai pesinetron dan bintang film itu terbukti melakukan permufakatan jahat tanpa hak melakukan penyalahgunaan narkotika bersama dua terdakwa lainnya.

Vonis ini membuat sang aktor syok dan menangis. Ia mengaku menyesal serta ingin menjalani rehabilitasi agar bisa lepas dari jeratan narkoba. Menurut Revaldo, ia kembali menggunakan napza karena pengaruh teman-temannya.“Mungkin gue salah bergaul,”  kata pria yang akrab disapa Aldo ini.

Mengapa begitu banyak artis kita yang terseret kasus narkoba? “Kembali lagi ke individunya. Saya nggak bisa menggaris bawahi kalau semua artis bisa seperti itu karena jalannya beda-beda  dan riwayat mereka juga beda-beda,” kata Yoyo.

Yoyo berkisah bahwa selama bertahun-tahun menjadi penguna, ada kalanya ia kesulitan mendapatkan barang haram itu. “Pas lagi butuh susah, pas lagi nggak butuh ada. Itu bisa dari mana saja. Yang jelas saya dulu nggak pernah ambil dari bandar gedenya karena saya tahu itu akan lebih berbahaya.”

Mengenai zat baru yang dikonsumsi Raffi Ahmad, Yoyo mengaku sama sekali tidak pernah mengenalnya. Meski pernah mengggunakan berbagai jenis narkoba, ia benar-benar asing dengan narkoba jenis tersebut.

Yoyo mengaku pemakai multi drugs. Semua obat pernah dipakai. Cuma yang paling lama memang putaw. “Tapi kalau yang saat ini (dikonsumsi Raffi) saya benar-benar buta, saya nggak tahu. Karena saya sudah menarik diri dari dunia itu,” katanya.

Lepas dari narkoba, Yoyo mengaku tantangan hidupnya masih berat. Pemulihan seumur hidup. Menahan godaan agar tidak terseret lagi. “ Sebab lingkungan nggak bisa kita batasi. Kalau kita belum kuat akan terbawa lagi,” katanya. Lantaran dianggap sudah kuat, Yoyo pernah menjadi konsultan atau pembimbing bagi anak-anak yang baru menjalani rehabilitasi di Mega Mendung.  Kini dia mencari banyak cara demi bertahan. Cari banyak kegiatan positif. “Semua tergantung kita,” katanya.
 
Tergantung orangnya. Begitu jawaban psikolog, Efnie Indrianie, ketika ditanya mengapa para artis seperti begitu  mudah terjerumus ke dalam narkoba. Mereka yang memiliki banyak uang dan mental tidak kuat, katanya, mudah masuk dalam pergaulan yang salah.

Terkadang, lanjutnya, ada artis yang  tidak bisa mengungkap masalah yang membelit hidup. Karena susah, lalu lari ke narkoba sebagai jalan keluar.

Selain karena dihimpit kesulitan, kata Efnie,  banyak pula yang terjebak lantaran ingin coba-coba saja. Karena dari sisi keuangan mereka mampu, lanjutnya, “Dari coba-coba, lama-lama jadi ketagihan."

Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024