SOROT 168

#7 Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta

Tata Nano 2012
Sumber :
  • Cardekho

VIVAnews--Mulai tahun depan, warga Indonesia lebih mudah mendapatkan mobil baru dengan harga di bawah Rp100 juta. Produsen mobil murah asal India, Tata Motors, memberi sinyal akan melebarkan ekspansi ke pasar otomotif ke tanah air. Mereka bahkan siap memboyong mobil termurah sejagat miliknya, Tata Nano 2012, ke Indonesia.

Dilaporkan Motorbeam, kepastian ekspansi itu diungkapkan oleh orang dalam perusahaan, yang tak mau disebutkan namanya. Ia mengungkapkan, Tata Motors rencananya akan menggandeng perusahaan lokal di Indonesia, dan sudah mencapai kesepakatan.

Masih menurut sumber itu, Tata Motors akan menggunakan cara sama dengan Thailand, saat menggandeng kerja sama dengan Thonburi Automotive Assembly Plant Co Ltd.

Sebelumnya, dalam laporan dikutip dari laman berita DNA India, pada Juli lalu Tata Motors telah membicarakan kerjasama ini dengan PT Astra International Tbk, perusahaan pembuat mobil terbesar di Indonesia. Tapi belum diketahui hasilnya.

Saat dikonfirmasi hal tersebut, PT Astra Internasional Tbk membantah adanya pembicaraan Tata Motor terhadap dirinya. Tetapi, PT Astra Internasional mengaku siap dan selalu terbuka melakukan kerjasama dengan pihak manapun, termasuk Tata Motors.

“Kita selalu ingin bekerjasama dengan siapa pun, kalau memang menguntungkan bagi pasar otomotif Indonesia, kenapa tidak,” kata Head of Public Relations PT Atra Internasional, Yulian Warman, beberapa waktu lalu.

Rencananya Tata memasuki pasar Indonesia melalui jalur kontrak manufaktur. Investasi dengan cara itu dinilai cukup ampuh menekan biaya, dan membuat produknya cepat hadir di Indonesia.

Seperti diketahui, beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand dan Indonesia sedang dalam proses finalisasi kebijakan dalam pemberian insentif membangun mobil kecil yang efisien, dan hemat bahan bakar. Kebijakan ini langsung mendapatkan respon positif para produsen mobil untuk berinvestasi. Seperti Tata Motors, Suzuki Motor Corporation, dan Honda Motor Corporation.

Spesifikasi

Langkah ekspansi ini dinilai momen tepat, karena Tata Motors baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Tata Nano. Mobil mungil itu akan menjadi andalan Tata Motors menandingi kompetitor, yang lebih dulu hadir di Indonesia, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Nissan, General Motor, Ford, Suzuki, Hyundai, KIA.

Dilansir Cardekho, Nano 2012 adalah penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Memang dari segi desain eksterior, mobil ini tak mengalami perubahan besar dibandingkan generasi lamanya.

Tata Motors sengaja memberikan sentuhan warna baru pada interior Nano 2012. Ini dilakukan agar ada kesan mewah dan elegan. Ada tiga warna berbeda dari setiap varian Nano 2012. Warna beige menghiasai kabin Nano LX, warna interior hitam di Nano CX, dan warna graphite di Nano Standard.

Nano 2012 masih dibekali mesin 624 cc. Sedangkan konsumsi bensin Tata Nano 2012 menjadi 25,4 km/liter atau lebih irit 1,8 km/liter dari generasi sebelumnya. Tak hanya itu, tenaganya pun naik dari 35 hp menjadi 38 hp. Dan torsinya naik 3 Nm dari 48 Nm.

Mobil yang berbobot 600 kg ini, memiliki kecepatan maksimal 105 km dengan gas buang emisi 92,7 gr/km. Penyempurnaan lainnya dilakukan dari segi suspense, termasuk memasang anti-roll bar di depan.

Di negara asalnya, India, Nano 2012 dibanderol Rs.1,40 lakhs, atau sekitar Rp25 juta (versi terendah). Meski merupakan varian baru, mobil ini tak mengalami perubahan harga dari generasi sebelumnya.

Ada 10 pilihan warna untuk Tata Nano 2012, di mana 8 di antaranya adalah warna baru. Seperti Pearl White, Rouge Red, Aqua Blue, Neon Rush, Serene White, Meteor Silver, Mojito Green, Papaya Orange, Sunshine Yellow, dan Champagne Gold.

Sering terbakar?

Di balik konsep brilian sebagai mobil murah, lega, irit bahan bakar, dan gesit,  Tata Nano rupanya banyak mengecewakan konsumennya di India. Mobil ini punya banyak kekurangan dan cacat dari segi manufaktur. Msialnya, Tata Nano mudah terbakar dan membahayakan konsumennya.

Dilaporkan Autoevolution, sedikitnya dalam sebulan tiga mobil Tata Nano hangus terbakar di jalan India. Mobil yang sudah dipasarkan di Sri Langka itu juga menuai kritikan dan keluhan dari konsumennya.

Ini juga yang akan menjadi pertanyaan besar, apakah mobil murah itu akan aman digunakan oleh masyarakat Indonesia? Tentu kita berharap kelak di 2012, dia hadir sebagai mobil rakyat, dan tak berakhir menjadi onggokan arang di jalanan di Jakarta, atau kota lainnya.(np)

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Guru Besar Fakultas Psikologi UI Prof. Dr. Mirra Noor Milla, sepakat bahwa perempuan, anak-anak, dan remaja rentan terpapar radikalisme, seperti paparan BNPT

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024