SOROT 163

"Tes Medis Aku 90 Persen Lelaki"

Siti Maimunah yang kini bernama Mohammad Prawirodijoyo
Sumber :
  • VIVAnews/ Puspita Dewi

VIVAnews- Setelah 18 tahun hidup sebagai perempuan, Siti Maimunah mengajukan permohonan pergantian status sebagai lelaki dengan nama Muhammad Prawirodijoyo.

Siang itu, 22 November 2011 menjadi hari bersejarah bagi Siti. Permohonan pergantian statusnya akan disidangkan untuk kali pertama di Pengadilan Negeri Semarang. Wajahnya agak tegang, ketika namanya tak juga dipanggil menjalani sidang.

“Mas Joy tunggu ya, tempat sidangnya terbatas, jadi kita harus antre untuk bersidang, “ kata Retna Kusmardhani, kuasa hukumnya.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

“Kalau begitu biar kakak saya pulang ya?.” Tanpa menunggu jawaban, Siti alias Joy, langsung mengambil ponsel di saku jaket dan meminta kakaknya untuk pulang.

Siti Maimunah lahir 12 Januari 1992 silam di Desa Sembungharjo Kecamatan Genuk  Semarang. Orang tuanya, Kaswadi dan Ngatun terlebih dahulu memiliki empat anak lelaki. Itu sebabnya mereka berharap anak bungsunya adalah perempuan.

Dengan latar pendidikan kurang dan perekonomian keluarga terbatas akhirnya lahirlah buah hati mereka kelima. Dengan patokan perkataan dukun bayi anak kelimanya adalah perempuan, pasangan inipun memberi nama anak berkulit putih itu Siti Maimunah.

Baju berenda, boneka dan mainan perempuan tidak asing bagi  Siti. Awalnya Siti kecil tidak mengira jika dirinya adalah laki-laki. Duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama Siti mulai merasa asing dengan tubuhnya, dia mulai tidak nyaman menggunakan baju berenda dan kerudung berpita. Meski sempat memaksakan diri berpacaran dengan teman sekolahnya toh Siti tidak merasakan kehangatan.

Beberapa ‘keanehan’ itulah yang kemudian menyadarkan Siti bahwa dia adalah seorang lelaki. Keinginannya bulat mengajukan permohonan pergantian status menjadi lelaki.

Di sela-sela sidang perdananya, Siti sempat berbincang  dengan kontributor VIVAnews di Semarang, Puspita Dewi. Berikut petikannya:

Sejak kapan Anda punya keinginan kuat menjadi lelaki?

Masa puber, Aku mulai menyadari ada yang berbeda. Ketika di pondok pesantren putri, banyak kawan menstruasi, tapi kok aku tidak. Dadaku juga rata. Aku juga punya kelamin lelaki meski tidak sempurna. Ke depan, setelah permohonan  ini dikabulkan, aku akan menyempurnakannya.

Bagaimana awalnya Anda bisa menjadi perempuan?

Orang tuaku ingin punya anak perempuan. Empat saudaraku lelaki. Jadilah aku perempuan sesuai keinginan mereka. Apalagi aku sangat cantik kalau menjadi perempuan. Tapi seperti aku katakan tadi,  begitu remaja aku mulai sadar aku lelaki.

Anda marah dengan orang tua yang menjadikan Anda perempuan?

Tidak. Orang tuaku sangat lugu. Yang dilakukan keduanya  hanya karena keinginan mereka mempunyai anak perempuan. Mereka tidak pernah bersekolah, jadi tidak mengira akibatnya seperti ini.

Ketika Anda mengajukan permohonan ganti status ini apa tanggapan orang tua Anda?

Mereka mendukung. Kata ibu lakukanlah apa yang kau mau. Jika memang kamu lelaki tunjukan kebenaran itu kepada semua orang.

Bagaimana respon saudara-saudara?

Semua mendukung. Kakak-kakakku, kerabat semua mendukung. Tapi ada juga beberapa tetangga yang memandang sinis keinginanku menjadi lelaki.

Mereka tahu keadaanmu?

Dengan saudara dan kerabat sudah terbuka. Begitu juga beberapa tetangga sudah tahu keadaanku.

Lantas mengapa baru sekarang mengajukan permohonan?

Menunggu ongkos. Aku dari keluarga miskin. Untuk beberapa tes yang aku jalani butuh biaya banyak. Tidak semuanya ditanggung Jamkesmas. Baru ketika aku sudah bekerja,  aku bisa melakukan serangkaian tes. Itu termasuk mendaftarkan permohonan ganti status ini.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Harapan setelah ini bagaimana?

Aku ingin menyempurnakan kelaminku. Setelah itu kuliah dan menikah.

Sudah punya pacar?

(Siti hanya tersenyum)

Pernah pacaran?

Dulu pernah pacaran sama lelaki. Tapi garing, hehe… Sekarang sih tertariknya dengan perempuan. Doakan saja ini cepat selesai ya..

Anda tidak malu dengan teman kerja atau mantan teman sekolah kalau sudah menjadi lelaki nanti?

Tidak. Beberapa sahabatku di sekolah dulu sudah tahu kok kalau aku ini lelaki. Dulu aku juga sudah  pernah bilang ke mereka, jangan kaget ya kalau besok aku berubah jadi lelaki. Kalau teman kerja tahunya aku lelaki karena aku memperkenalkan diri sebagai Joy bukan Siti.

Siapa yang memberi nama?

Orang tua. Setelah aku berterus-terang kepada mereka tentang keadaanku merekalah yang memilihkan nama baru itu untukku.

Kalau boleh tahu apa yang paling menyiksa ketika Anda menjadi perempuan?

Ketika aku harus tidur dengan perempuan. Itu terjadi di pondok,  aku harus tidur dengan beberapa teman perempuan. Aku harus menahan diri untuk tidak menubruk mereka.  Itu sangat menyiksa dan berlangsung lama.

Tidak ada yang curiga?

Pak Ustad yang curiga. Dia tanya apa aku seorang lelaki. Aku bingung, dari situ aku tahu dan sadar bahwa aku lelaki. Aku tidak pernah menstruasi. Dan aku memiliki kelamin lelaki meski tidak sempurna.

Anda yakin permohonan ganti jenis kelamin ini akan dikabulkan hakim?

Doakan ya. Aku sangat berharap ini dikabulkan. Apalagi serangkaian tes medis menunjukkan aku 90% lelaki.  Aku berharap itu bisa mempercepat prosesku menjadi lelaki.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024